Minggu, 25 Januari 2009

SEKTOR SANITASI & SAMPAH
















Gambaran umum

Pengelolaan sampah di kota malang dikelola oleh dinas kebersihan dan pertamanan kota malang dengan jumlah pasukan kuning sebanyak 1637 orang. Adapun volume timbunan sampah di kota malang yaitu 2481 m3.

Sistem pengelolaan sampah di kelurahan arjosari menggunakan pola individual tidak langsung yaitu menggunakan jasa pasukan kuning. Sampah rumah tangga, sarana, dan jalan yang telah diangkut oleh pasukan kuning akan diangkut menuju TPS. Kecuali sampah sarana kesehatan dibedakan antara sampah medis dan non medis. Sampah medis diangkut ke RS saiful Anwar untuk dilakukan insenerator.

Permasalahan sistem persampahan di Kelurahan Arjosari yaitu :

1. Masih terdapat rumah yang terlayani pasukan kuning tetapi tidak memiliki bak sampah dan rumah yang tidak terlayani pasukan kuning.

  • RW 1 = terdapat rumah yang terlayani pasukan kuning tanpa bak sampah sebesar 6% atau 30 rumah dan rumah yang tidak terlayani pasukan kuning sebesar 4% atau 19 rumah.

  • RW 2 = terdapat rumah yang terlayani pasukan kuning tanpa bak sampah sebesar 4% atau 25 rumah dan rumah yang tidak terlayani pasukan kuning 2% atau 11 rumah

  • RW 3 = terdapat rumah yang terlayani pasukan kuning tanpa bak sampah sebesar 2% dan 1% rumah yang tidak terlayani pasukan kuning

  • RW 5 = terdapat rumah yang tidak terlayani pasukan kuning sebesar 17% atau 47 rumah.

Bangunan yang tidak terlayani pasukan kuning mengolah sampahnya dengan cara dibuang ke sungai atau ditimbun dan dibakar di pekarangan rumah.

2. Adanya timbunan sampah di pinggir sungai karena terdapat rumah yang tidak terlayani pasukan kuning atau tidak punya tempat sampah

  1. Kurangnya kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya

Terdapat 3 buah TPS di Kelurahan Arjosari yaitu TPS Teluk Pacitan, TPS Terminal Arjosari, TPS VEDC. Skala pelayanan TPS Teluk Pacitan meliputi seluruh RW di Kelurahan Arjosari kecuali RT 2 RW 1 dan RT 6 RW 1. Kedua RT tersebut mengangkut sampahnya ke TPS Cakalang di Kelurahan Polowijen sedangkan TPS VEDC hanya melayani VEDC saja dan TPS Terminal Arjosari hanya melayani terminal arjosari saja. Dari ketiga TPS tersebut hanya TPS Teluk Pacitan dan TPS VEDC yang mengadakan komposting (pengolahan sampah).

Sanitasi

Sanitasi lingkungan adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.


Peta Rencana Sektor Sampah Kelurahan Arjosari 2008-2018













Peta Rencana Sektor Sanitasi Kelurahan Arjosari 2008-2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar