Minggu, 25 Januari 2009

SEKTOR AIR BERSIH












Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. (Surat Keputusan Menteri Kesehatan no. 907 tahun 2002)

  1. GAMBARAN UMUM

Secara Umum kebutuhan air bersih masyarakat Kota Malang dipenuhi dari sistem perpipaan yang dilayani oleh PDAM dan sistem non perpipaan. Selama ini PDAM Kota Malang dalam pemenuhan kebutuhan air bersih berasal dari sumber air Kabupaten Malang sebesar 72%, Kota Batu 23%, dan Kota Malang sendiri sebesar 5% dengan menggunakan dua macam sistem aliran, yaitu Sistem Gravitasi dan Sistem Pompanisasi. Dalam memenuhi kebutuhan air bersih, penduduk Kelurahan Arjosari Kecamatan Blimbing menggunakan jasa PDAM dan non PDAM. Namun ada juga yang menggunakan keduanya. Adapun prosentase pengguna PDAM yaitu sebesar 28% sedangkan penggunan sumur sebesar 65,8%, pengguna keduanya yaitu sebesar 5,4% dan pengguna sumber lain sebesar 0,8%. Kebutuhan air bersih PDAM di wilayah Kelurahan Arjosari diperoleh dari sumber air baku Wendit II dan III yang disalurkan melalui pipa transmisi dengan menggunakan sistem sambungan langsung dan didistribusikan dengan pengambilan titik di Jalan Panji Suroso. Sistem pendistribusian menuju Kelurahan Arjosari menggunakan sistem pompanisasi. Adapun potensi dan masalah dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Arjosari adalah :

  1. POTENSI

    • Sumber Air: Sumber air terdapat di RW 03 yang digunakan sebagian kecil warga RW 03 dan dialirkan melalui pipa menuju kran umum yang teletak di RT 07 RW 03 dan dilengkapi dengan fasilitas MCK umum yang kurang layak.

    • Sumur Komunal: Terdapat 7 sumur komunal, yang terletak 4 buah di RW 01, 3 buah di RW 02, 1 buah di RW 03, dan 1 buah di RW 05

MASALAH

  • Sebagian besar penduduk di beberapa wilayah seperti RW 01, RW 02, dan RW 03 merasa kesulitan dalam pengadaan jaringan pipa PDAM karena faktor ekonomi.

  • Kualitas air sumur pada RW 02 RT 05, RW 03 RT 04, dan RW 05 pada Perumahan Pondok Intan, buruk secara fisik yaitu berwarna kecoklatan dan keruh.

Peta Eksisting Pelayanan Air Bersih di Kelurahan Arjosari 2008















Peta Rencana Pelayanan Air Bersih di Kelurahan Arjosari 2008-2018



Tidak ada komentar:

Posting Komentar