Minggu, 25 Januari 2009

SEKTOR JALAN
















Berdasarkan PP No. 34/2006 Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

Kondisi Jalan di Kelurahan Arjosari

Jalan di Kelurahan Arjosari memiliki terdapat beberapa kriteria kondisi jalan. Kondisi jalan yang ada di Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu :

1. Baik Kriteria pengklasifikasian kondisi jalan baik di Kelurahan Arjosari adalah:

a. Tidak mengalami kerusakan seperti berlubang, pengelupasan aspal, peretakan, atau konstruksi hancur, tidak terdapat genangan air.

b. Pergerakan moda transportasi lancar dan tidak membahayakan pengguna jalan yang memanfaatkan fasilitas jalan tersebut.

Contoh jalan yang memiliki kriteria baik adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Raden Intan, Jalan Teluk Cendrawasih, Jalan Teluk Pelabuhan Ratu.

2. Cukup Kriteria pengklasifikasian kondisi jalan cukup di Kelurahan adalah :

a. Terdapat sedikit kerusakan, berupa sedikit lubang, sedikit pengelupasan aspal, sedikit peretakan, sedikit konstruksi jalan yang hancur dan terdapat sedikit genangan air pada waktu hujan dan akan cepat surut dalam waktu1 jam.

b. Kerusakan jalan yang tidak terlalu parah tidak berdampak besar terhadap kenyamanan aktifitas pengguna jalan maupun lingkungan di sekitar jalan.

Beberapa contoh jalan yang tergolong cukup terdapat pada jalan Teluk Etna, Jalan Teluk Mandar I, gang-gang pada Jalan Teluk Cendrawasih.

3. Rusak Kriteria pengklasifikasian kondisi jalan rusak adalah :

a. Terdapat banyak kerusakan jalan berupa lubang besar maupun kecil, pengelupasan aspal, peretakan dan konstruksi jalan yang hancur. Serta terdapat banyak genangan air di jalan yang berlubang pada saat hujan dan surut dalam waktu yang lama.

b. Kerusakan jalan yang sangat parah mengakibatkan ketidaknyamanan aktifitas pengguna jalan maupun lingkungan sekitar.

Kriteria jalan ini terdapat pada Jalan Teluk Etna V, Jalan Teluk Etna X serta jalan gang pelabuhan ratu.

Rencana jaringan jalan di Kelurahan terdiri dari Rencana Jangka Pendek dan Rencana Jangka Panjang. Beberapa bentuk rencana yang akan diajukan di Kelurahan Arjosari, antara lain:

  1. Rencana peningkatan hiraraki jalan

  2. Rencana perbaikan dan peningkatan kualitas perkerasan jalan

  3. Rencana penambahan dan perbaikan fasilitas pelengkap jalan

  4. Rencana penambahan jalan

  5. Rencana pengembangan jalan linkar timur

  6. Rencana akses pemadam kebakaran


Peta Eksisting Hirarki Jalan di Kelurahan Arjosari 2008















Peta Rencana Hirarki Jalan di Kelurahan Arjosari 2008-2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar